Artikel

Awal mula SID

01 April 2013 07:31:04  Sekdes  470 Kali Dibaca 

Awal mula SID
"Awalnya ada keinginan dari pemerintah Desa Balerante yang berharap pelayanan pemerintah desa bisa seperti pengunjung rumah sakit yang ingin mencari data pasien rawat inap, tinggal ketik nama di komputer, maka data tersebut akan keluar"
(Mart Widarto, pengelola Program Lumbung Komunitas)
Program ini mulai dibuat dari awal 2006:
1. (2006) komunitas melakukan komunikasi dan diskusi lepas tentang sebuah sistem yang bisa digunakan untuk menyimpan data.
2. (2008) Rangkaian FDG dengan pemerintah desa membahas tentang tata kelola pendokumentasian di desa
3. (2009) Ujicoba SID yang sudah dikembangkan di balerante
4. (2009-2010) Membangun SID (aplikasi) dibeberapa desa yang lain: terong (bantul), Nglegi (Gunungkidul)
5. (2011) Kandangan (Temanggung) Gilangharjo (bantul) Girikarto (gunungkidul) Talun (klaten) Pager Gunung (magelang)
6. hingga saat ini 2013 sudah banyak desa pengguna SID.

SID sebagai tanggapan atas kebutuhan:
Kalau dulu untuk mencari data penduduk menurut kelompok umur saja kesulitan karena tidak mempunyai databasenya. Dengan adanya SID menjadi lebih mudah.
(Nuryanto, Kabag Pelayanan Pemdes Terong)

Membangun sebuah sistem bukan hanya membuatkan software dan meninggalkan begitu saja, namun ada upaya untuk memadukan sistem dengan kebutuhan yang ada pada desa. sehingga software dapat memenuhi kebutuhan yang telah ada bukan memaksakan desa untuk mengikuti dan berpindah sistem. inilah yang melatari combine melaksanakan alur pengaplikasian software.
1. Bentuk tim kerja bersama pemerintah desa
2. Diskusikan basis data apa saja yang diperlukan untuk warga
3. Himpun data kependudukan warga dari Kartu Keluarga (KK)
4. Daftarkan proyek SID dan dapatkan aplikasi softwarenya di http://abcd.lumbungkomunitas.net
5. Install aplikasi software SID di komputer desa
6. Entry data penduduk ke SID
7. Basis data kependudukan sudah bisa dimanfaatkan
8. Diskusikan rencana pengembangan SID sesuai kebutuhan desa
9. Sebarluaskan informasi desa melalui beragam media untuk warga

Pemberdayaan data desa yang dibangun diharapkan dapat menjunjung kesejahteraan masyarakat desa, data-data tersebut dapat diperuntukkan untuk riset lebih lanjut tentang kemiskinan, tanggap bencana, sumberdaya desa yang bisa diekspose keluar dan dengan menghubungkan dari desa ke desa dapat mencontohkan banyak hal dalam keberhasilan pemberdayaannya.
(sumber: Buku Sistem Informasi Desa)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

PETA COVID KAB BANDUNG

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Cijapati No. 80 Bandung
Desa : Ciluluk
Kecamatan : Cikancung
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40396
Telepon :
Email : desa.ciluluk@yahoo.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:26
    Kemarin:111
    Total Pengunjung:124.262
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.24.158
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

09 Februari 2018 | 744 Kali
KEGIATAN POSYANDU
30 Januari 2018 | 796 Kali
PELATIHAN KADER PKK
30 Januari 2018 | 778 Kali
MUSRENBANG DESA CILULUK
01 November 2017 | 894 Kali
Rapat Sosialisasi Perpajakan
01 November 2017 | 971 Kali
Senam Ibu-ibu PKK
31 Oktober 2017 | 853 Kali
Perekaman e-KTP
23 Oktober 2017 | 884 Kali
PEMBANGUNAN AULA DESA CILULUK
27 Agustus 2016 | 12.215 Kali
Sejarah Desa
30 Juli 2013 | 12.205 Kali
Profil Desa
25 Agustus 2016 | 12.130 Kali
Data Desa
24 Agustus 2016 | 12.054 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 12.039 Kali
Visi dan Misi
07 November 2014 | 11.922 Kali
Pemerintahan Desa
01 November 2017 | 971 Kali
Senam Ibu-ibu PKK
30 Januari 2018 | 778 Kali
MUSRENBANG DESA CILULUK
21 April 2014 | 485 Kali
Peraturan Desa
30 Juli 2013 | 518 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
01 Mei 2014 | 607 Kali
Karang Taruna
27 September 2017 | 874 Kali
APBDesa CILULUK
30 Juli 2013 | 499 Kali
Lembaga Kemasyarakatan
01 November 2017 | 894 Kali
Rapat Sosialisasi Perpajakan